Jumat, 04 April 2008

Proteksi Keluarga dari Jangkauan Narkoba

Ketua BNK Musi Rawas Hj Ratnawati Ibnu Amin:
“Kontrol orang tua kepada anak atau anggota keluarga dalam keseharian baik pendidikan maupun pergaulan sangat di butuhkan”

Musi Rawas Sumsel,
Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Musi Rawas Hj Ratnawati Ibnu Amin mengatakan Pemberantasan Narkoba merupakaan tanggung jawab semua pihak. Hal ini bukan saja tanggung jawab pemerintah, tetapi bagian terbesar dari tanggung jawab tersebut yaitu bagaimana keluarga bisa memproteksi atau membentengi anggota keluarganya untuk tidak terjebak dalam pengaruh narkoba.
Dikatakan Ratnawati, Peredaran narkoba saat ini sudah sangat mengkhwatirkan seluruh pihak. Bukan saja dikalangan tertentu tetapi semua kalangan masyarakat sudah hampir di masuki pengaruh narkoba tersebut, sehingga untuk tidak masuk dalam ruang lingkup ini.”Saya mengingatkan Narkoba ini bukan hanya tugas pemerintah, aparat keamanan, toko masyarakat atau pemuda untuk memeranginya. tetapi juga bagaimana dari hal terkecil yaitu proteksi orang tua atau cara orang tua membentengi anak-anak mereka untuk tidak terjebak dalam lingkungan pengaruh narkoba.
“Memerangi narkoba bukan saja tanggung jawab pemerintah, aparat keamanan atau orgainisasi kemasyarakatan tetapi juga adalah bagian dari tanggung jawab keluarga untuk membentengi anggota keluarganya untuk tidak masuk dalam ruang lingkup pergaluan narkoba,”ujar Ratna belum lama ini.
Untuk mengimplementasikan hal ini, lanjut ketua BNK Mura yang juga Wakil Bupati Mura ini dibutuhkan peran aktif anggota keluarga bukan saja orang tua terhadap anaknya tetapi juga peran anak terhadap orang tuanya atau anggota keluarga laninya. Ratna melanjutkan sebagai bentuk proteksi atau membentengi anggota keluarganya adalah bagaimana orang tua bisa memberikan ruang lingkup pendidikan dan pergaulan yang baik bagi anak dan anggota keluarganya, sehingga kontrol orang tua kepada anak bisa berjalan baik.
“Kontrol orang tua kepada anak atau anggota keluarga dalam keseharian baik pendidikan maupun pergaulan sangat di butuhkan, karena apabila orang tua lalai dalam pengawasan terhadap anak atau anggota keluarga lainnya maka hal tersebut memberi ruang untuk pengaruh lainnya masuk kekehidupan anak dan yang lainnya,”katanya
Selain hal ini, lanjut ratna bentuk proteksi bagi anggota keluarga adalah mengarahkan kegiatan positif, seperti aktif dalam berorganisasi kegiatan olahraga dan berbagai kegiatan lain, sebab pengalihan aktivitas semacam ini lebih memberi pengaruh positif .“Sekali lagi saya tegaskan bahwa untuk menghindari terjebak pada ruang lingkup pengaruh narkoba, maka selain pemerintah , aparat kemanan dan masyarakat secara umum maka pembentengan dan proteksi keluarga sangat dibutuhkan,”tegasnya
Ditambahkan ketua BNK Mura ini peredaran narkoba saat ini sudah meluas, peserdarannya sudah sangat terorganisir sehingga untuk menghindarai hal tersebut maka bukan saja peran pemerintah tetapi juga semua elemen masyarakat memiliki peran dan keuajiban yang sama yaitu memberantas dan memnpersempit ruang gerak peredaran narkoba khususnya dalam wilayah kabupaten Musi Rawas. (***)

Tidak ada komentar:

Bagaimana menurut anda informasi yang disajikan?